author-pic

Ferry S

An ISTJ, Type 5, Engineer, Gamer, and Thriller-Movies-Lover
Masa-Masa Bocah
Sunday Sep 26th, 2021 12:25 am8 mins read
My Story
Masa-Masa Bocah
Source: Quizizz - Elementary Chapter 2

Setelah dengerin podcast orang-orang yang membahas tentang masa kanak-kanak, gw jadi ikut tertarik menceritakan masa kanak-kanak gw😂. Rencananya sih gw bagi jadi 2 part, pertama masa-masa bocah dari TK-SD-MDA dan nantinya masa-masa remaja SMP-SMA. Masa kuliah kayaknya ga usah gw ceritain, ga menarik juga kayaknya😅. Ini gw bahas bagian yang pertama dulu😎.

TK Pertiwi

Gw sekolah di TK Pertiwi IX Korong, Kota Solok. Gw umur 4 tahun sebelum TK udah bisa baca tulis dan perhitungan dasar😎. Waktu itu ada tulisan-tulisan ayat-ayat pendek ditempel di dinding TK, berupa tulisan arab, tulisan latin dan terjemahannya. Gw sering baca-baca itu. Guru gw notice, gw dikira bisa ngaji. Gw disangka hafal juz amma, padahal cuma baca tulisan latinnya. Gw dikirim lomba baca ayat pendek sama guru. Untung aja gw udah sering baca begituan di TK, jadinya hafal. Gw dapat juara🎉. Pas disuruh baca iqro' beneran sama guru gw malah bingung karena belum pernah belajar sama sekali.

Disini gw juga pernah dikeroyok. Gw dikibulin abang gw, dia nyuruh gw nyebut nama bapak teman gw di depan teman gw. I did it. Menurut gw apa salahnya manggil nama bapak teman? Gw ga tau konsep tersinggung ketika nama bapak disebut, soalnya ketika nama bapak gw disebut orang, gw biasa aja. Gw dikejar sama teman gw itu. Teman yang lain yang ga tau permasalahannya ngeliat gw dikejar ikut-ikutan ngejar gw satu TK. Gw pun terkepung. Mereka keroyok gw rame-rame, untung dipisahin sama guru TK jadinya gw ga kenapa-napa. Begitulah gambaran masyarakat kita sekarang, ga tau permasalahan apa-apa ikut nge-judge, ikut nge-bully, ikut demo tanpa mencari tau lebih dalam. Seperti yang terlihat di sosial media sekarang.

SD Pertiwi / SD Negeri 20

Gw masuk SD Pertiwi setelah lulus sekolah. Sekarang udah jadi SD Negeri 20 Kota Solok. Awal masuk sekolah gw ga punya teman karena teman TK gw pada masuk SD 04, jadi ga banyak murid yang gw kenal kecuali 2 orang teman TK gw yang bersekolah di sini. Gw mulai aktif bergaul ketika gw ikut geng-gengan mulai kelas 3 SD. Salah satu enaknya bergaul dengan geng itu adalah kita punya interest yang sama, kompak, merasa diterima dan ketawa bareng walaupun kadang ada ributnya juga. Gw mulai berani nge-jokes dan agak bandel. Kebetulan saat itu gw cukup aktif karena teman-teman di sekeliling gw kebetulan satu frekuensi. Setiap jam istirahat kita sering nongkrong bareng. Kita selalu ngobrolin bola, komedi, saling ejek teman, atau sekedar nyanyi-nyanyi bareng.

Bersama mereka gw jadi ikut suka bola. Dari yang awalnya ngomongin liga luar, gw berhasil menggiring mereka untuk menonton liga lokal. Seperti yang pernah gw ceritakan di postingan antara aku & sepakbola. Kita sering main bola bareng meskipun bukan di pelajaran olahraga. Walaupun gw sendiri ga jago main bola. Ga jarang juga bola kita disita guru.

Selain bola kita punya interest yang sama tentang komedi. Waktu itu API (Audisi Pelawak TPI) sedang hits. Kita semua nge-fans sama trio Bajaj. Kita selalu ngobrolin itu di sekolah setiap abis nonton API. Disana juga ada Teamlo yang sering jadi band tamu yang juga lucu. Waktu itu selain API juga ada DVD lawakan lokal kayak Ajo One, Ajo Buset, atau Mak Pono yang juga hits di Sumatera Barat. Kita sering ketawa bareng bahas soal itu.

Persahabatan tersebut sempat pecah karena konflik saat kelas 6 SD. Gw mulai berteman dengan salah satu teman lain yang sering jemput gw saat berangkat sekolah. Kita punya interest yang sama yaitu bola, game dan film Avatar: The Last Air Bender. Gw sering minjem DVD Avatar-nya dia karena di Global TV saat itu sering mengulang-ulang episode sedangkan dia sering ke pasar beli DVD terbaru. Kadang dia juga sering jajanin gw tiap uang jajan gw abis, makanya gw akrab sama dia😆. Walau begitu pertemanan gw dengan teman gw yang lainnya masih tetap baik meski ga seakrab dulu.

Untuk nilai sekolah gw cukup berprestasi. Walaupun ga pernah juara 1, tapi gw sering 5 besar dari kelas 1 sampai kelas 4 SD. Pas kelas 5 gw mulai bandel dan ranking gw turun ke ranking 7, tapi pas kelas 6 SD balik ranking 4 lagi. Walaupun banyak juga yang anggap remeh sih karena tante gw pegawai tata usaha di sana. Mereka mikirnya gw dapat nilai bagus karena ada tante gw, padahal tante gw bukan guru mana bisa ngasih nilai. Kalaupun iya, harusnya gw juara 1 lah. Anehnya orang-orang yang meremehkan gw itu tetap aja nyontek ke gw tiap ulangan😆. Untung gw orangnya ga dendam. Mereka ga tau perjuangan gw buat bisa dapetin ranking. Walaupun gw cuma belajarnya pas ada PR doang sih, sisanya gw pelajari ketika guru ngejelasin pelajaran saat di kelas. Gw juga bukan kutu buku yang belajar terus-terusan. Gw juga sama kayak murid SD normal lainnya. Gw ga pernah ikut les segala. Paling gw belajar di rumahnya pas menjelang ujian, itu juga karena dipaksa. Biasanya menjelang ujian kenaikan kelas gw dilarang nonton TV atau main PS. Saking keselnya gw sempat gunting kabel TV, kalau gw ga boleh nonton, kita ga nonton sekeluarga sekalian😆. Dan itu juga ga full belajar, gw sambil nyanyi-nyanyi di kamar atau menghayal ntar gede gw bakal gimana😅.

MDA Mesjid Lubuk Sikarah

Gw mulai ikut MDA dari kelas 1 cawu 3. Jadwalnya dari Senin-Sabtu jam 3 sore dan didikan shubuh Minggu pagi jam 5:30. Awal masuk gw pikir semuanya seumuran sama gw karena tinggi anak-anak lainnya ga jauh beda dengan gw yang cukup tinggi di usia itu. Di sana kelasnya ada TPA untuk yang belajar Iqro' dan MDA untuk yang belajar Al-quran. Gw ke teman-teman TPA di sana panggil nama aja, bahkan panggil 'ang' dan 'den' (sebutan aku dan kamu yang cukup kasar jika diucapkan ke orang yang lebih tua) karena gw kira seumuran. Mereka walaupun tau gw lebih kecil juga ga keberatan. Gw baru tau setelah beberapa minggu ternyata gw doang yang paling kecil di sana. Pernah waktu itu gw main di luar pagar di SD, gw ketemu salah satu teman MDA yang lewat, trus gw sapa panggil nama. Teman SD gw kaget karena gw panggil nama dan pakai 'ang' dan 'den'😂. Di sana juga geng-gengan berdasarkan kelurahan asal, yaitu kelurahan IX Korong, walaupun ada juga beberapa anak kelurahan lain yang juga ikut kelompok kami karena merasa lebih cocok bergaul dengan kami. Kita biasa main petak umpet, semba lakon atau kejar-kejaran di mana gw sering jadi yang jaga🤣. Maklum aja sih karena gw paling bocah di sana, jadinya kalah lari.

Pernah suatu kali gw pergi ke masjid, ternyata kelas lagi diliburkan dan gw ga tahu karena sebelumnya ga masuk. Di masjid lagi ada latihan marching band yang anggotanya teman-teman MDA gw juga. Gw ditawari sama buya yang ngajar marching band buat ikutan. Gw langsung bisa sinkron temponya dengan mereka semua karena udah sering gebuk meja di sekolah😂. Trus kita latihan pawai marching band di jalanan. Kelar latihan kita semua dikasih uang masing-masing Rp5000, seneng banget gw🤑. Kalau gitu mending tiap hari aja latihannya, pikir gw😂. Tiap ada latihan marching band gw ga pernah absen. Sampai akhirnya pas pawai karnaval 17an kita semua disuruh pakai sepatu dan sarung tangan. Gw ga punya sarung tangan. Kata kakak gw "gapapa, ntar nyampe sana biasanya dibantuin buat nyari sarung tangan". Nyampe sana ternyata semuanya punya sarung tangan, gw doang yang nggak. Trus kata teman gw, "mending lu pulang aja, sarung tangan ga punya, drum band-nya juga udah pas lu ga kebagian", sedih gw😭. Gw udah sering latihan tapi gagal berangkat karena ga mampu beli sarung tangan. Besoknya teman gw yang lain nanya, "kemarin kenapa pulang? Kita kurang orang buat bawa spanduk di barisan depan". Kalau misalkan gw ga pulang kemarin, gw bisa tetap ikut buat megangin spanduk🙄. Setelah terjadi dualisme, pelatih Marching Band itu cabut dan bawa beberapa murid ke tempat baru.

Sempat terjadi dualisme di sana. Saat itu ada guru dari MDA lain yang dikeluarkan karena kasus kekerasan kepada murid. Pengurus MDA gw memberi kesempatan kepada guru tersebut untuk ngajar di sini. Keputusan itu menimbulkan konflik dengan guru yang ada. Kita semua digiring sama guru lama untuk memboikot guru baru tersebut. Terdapat 2 kubu, yang ikut guru baru tersebut sekitar 5 orang, dan sisanya tetap bersama guru lama. Hingga akhirnya salah satu guru lama cuti melahirkan. Dia berpesan kepada kami untuk bilang ke orang tua masing-masing bahwa MDA libur dulu sampai dia ngajar kembali. Keluarga gw ga percaya cerita gw tentang guru yang cuti dan dilarang ikut kelas guru lain. "Mana ada guru ngajarin bolos" kata mereka. Setelah beberapa minggu guru yang cuti melahirkan masih belum balik dan guru TPA juga mogok mengajar karena guru baru tadi mengambil alih kelas kami. Beberapa teman gw mulai bingung karena kalau bolos juga pasti dimarahin di rumah. Jadinya kita tetap datang tapi ga ikut masuk, cuma nongkrong doang di luar. Pernah suatu kali gw sama satu teman gw datang seperti biasa. Waktu itu kelas sepi, udah jam 3 lewat, gw pikir guru baru itu ga datang. Gw sama teman gw masuk kelas dan naruh tas trus langsung ke warung buat jajan. Pas balik abis jajan gw sama teman gw itu langsung masuk kelas buat ngambil tas dan berencana pulang. Ternyata guru baru itu udah di kelas. Dia nyambut gw "silakan duduk". Mati langkah gw🤣. Mau ga mau harus ikut masuk gw sama teman gw karena udah terlanjur. Teman gw yang lainnya di luar juga kaget ngeliat gw masuk kelas. Pas pulang guru itu berpesan, "besok masuk lagi ya". Gw sama teman gw merasa terjebak. Pas pulang gw diinterview sama teman yang di luar, "gimana tadi di dalam?", mereka penasaran. Besoknya pas guru itu datang, dia manggil gw yang lagi nongkrong di luar buat masuk. Terpaksa gw sama teman gw yang terlanjur masuk itu harus ikut masuk lagi. Setelah beberapa hari teman gw yang di luar juga bete karena sepi tanpa gw dan teman gw itu, mau bolos takut dimarahin keluarga, akhirnya mereka ikut masuk juga. Lama-lama kelas yang tadinya sepi jadi rame ditambah beberapa anak baru. Bersama guru baru ini juga jadwal didikan shubuh yang tadinya tiap Minggu diganti jadi 2 Minggu sekali kecuali kalau ada didikan shubuh bersama dengan MDA lain setiap beberapa bulan.

Di sini gw sering main bola. Kalau mainnya sebelum guru masuk kita main di mesjid, kalau pas jam istirahat kita main di kuburan😅. Kebetulan beberapa kuburan di sana banyak yang udah rata sama tanah dan ga terurus. Walaupun sempat dimarahin keluarga tapi bodo amat lah, yang penting gw have fun main di sana. Di sinilah gw dapat perhatian sama cinta pertama gw seperti yang pernah gw ceritakan di The Gebetans🤭. Gw mainnya cukup jago di sini dan sering nyetak gol karena lawan gw bocah-bocah dan teman yang ga lebih jago dari gw😂. Ini salah satu hal yang bikin gw jadi rajin MDA bahkan datang 30 menit sebelum MDA dimulai.

Secara akademis walaupun gw ga pernah 3 besar tapi gw cukup oke di TPA/MDA. Gw Iqro' cuma sebentar, itu pun lompat-lompat, cuma sampai Iqro' 5. Itu pun gw Iqro' 5 ga nyampe 5 halaman langsung dipromosiin ke kelas MDA. Di MDA gw murid pertama dari generasi guru baru tersebut yang dipercaya jadi imam dan mimpin zikir & doa. Waktu itu cuma ada 2 murid yang dipercaya jadi imam, kita gantian. Hingga akhirnya beberapa murid lainnya juga dipercaya. Gw juga cukup baik di beberapa pelajaran seperti tajwid dan beberapa materi tentang Fiqih. Pelajaran yg ga gw sukai itu kaligrafi karena gw emang ga suka kesenian. Gw lebih suka pelajaran yang banyak mikirnya. Seperti Tajwid kan masih ada mikirnya buat nyari contoh ikhfa, idzhar, idgham dan lainnya, atau Fikih nyari hukum Islam berdasarkan Quran dan Hadits. Sedangkan SKI atau Aqidah Akhlak lebih sering dengerin cerita doang yang bikin gw bosan. Gw juga sering bolos karena nonton Takeshi Castle yang jadwal tayangnya pas ngaji atau pas Semen Padang FC atau timnas Indonesia lagi live di Antv. Mungkin itu salah satu alasan gw ga pernah 3 besar di MDA😂.

Udahan dulu deh, next lanjut cerita masa-masa gw remaja😉.